+6287849159916

Wednesday 29 April 2015

7 Tokoh Indonesia dari Jaman Dulu Ini Layak Jadi Inspirasi….

Nggak heran kalau saat ini Indonesia nggak pernah kekurangan tokoh keren, karena sejak jaman dulu orang-orang keren sudah menjadi bagian dari sejarah panjang negara ini…
1. Balaputradewa
Gambar: wacananusantara.org
Gambar: wacananusantara.org
Balaputradewa adalah salah satu tokoh dalam sejarah nusantara yang berpengaruh. Pengaruhnya tidak hanya di wilayah Asia bagian tenggara saja, melainkan hingga ke Daratan India. Ia adalah seorang raja yang telah memberikan sebuah gambaran tentang politik dan diplomasi internasional, sehingga mampu mengantarkan kerajaan yang ia pimpin menjadi besar dan dikenal di beberapa peradaban besar pada zamannya.

Dikutip dari wacananusantara.org, Prasasti Nalanda menyatakan bahwa Maharaja Balaputradewa ialah raja Suwarnadwipa. Prasasti tersebut tidak menyebut bahwa Balaputradewa ialah raja Sriwijaya. Anggapan bahwa Balaputradewa itu raja Sriwijaya ialah akibat penyamarataan Suwarnadwipa dengan Sriwijaya di satu pihak dan penyamarataan San-fo-tsi dengan Shih-li-fo-shih di lain pihak. Maka tidak heran jika Balaputradewa sering dihubungkan dengan kerajaan Sriwijaya.

2. Ranggalawe
Sumber: lawe610.wordpress.com
Sumber: lawe610.wordpress.com
Dia dikenal sebagai orang yang memimpin pemberontakan di Majapahit pada tahun 1295 atau 720 tahun yang lalu. Menurut History Area, Ranggalawe pada dasarnya adalah seorang pahlawan namun mati menjadi seorang pemberontak. Ranggalawe melakukan pemberontakan karena menganggap bahwa keputusan Raja saat itu (Raden Wijaya) untuk mengangkat Nambi menjadi Patih Amangkubumi bukanlah keputusan yang tepat….

Menurut Ranggalawe seorang Patih Amangkubumi adalah seorang yang teramat berjasa di berbagai pertempuran dan sangat pemberani namun Ranggalawe tiak melihat hal tersebut pada Nambi. Akhirnya berkat tipudaya oleh Mahapati yang licik yang menuduh Ranggalawe melakukan pemberontakan, maka Raja memutuskan untuk menyerang Ranggalawe. Pertempuranpun tak terkelakkan. Ranggalawe pun mati dalam pertempuran terbunuh oleh Kebo Anabrang.

3. Gajah Mada

Gambar: http://civilization.wikia.com/
Gambar: http://civilization.wikia.com/
Dia adalah Maha Patih paling sukses dalam sejarah Indonesia. Gajah Mada yang berperawakan gempal ini, adalah orang yang berjasa menyatukan nusantara yang wilayahnya jauh lebih luas dari Indonesia sekarang. Dia pulalah yang terkenal dengan Sumpah Palapa, yang ditemukan pada Kitab Pararaton. Sumpah Palapa tersebut berbunyi: “Dia Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa.”

Dikutip dari www.majapahit1478.blogspot.com, Gajah Mada meninggal pada 1364 M, dan membuat Majapahit berkabung. Bahkan Raja Majapahit saat itu, Hayam Wuruk berputus asa dan sangat berduka.

4. Prabu Siliwangi
 Gambar: anggaz.wordpress.com

Gambar: anggaz.wordpress.com
Raja Pajajaran ini terkenal gagah perkasa! Konon beliau memiliki banyak ilmu termasuk membelah diri. Menurut pusakaprabusiliwangi.com, Prabu Siliwangi pernah mengalahkan Raja Macan Putih dalam sebuah pertempuran di Majalengka. Sejak saat itu, Raja Macah Putih diangkatnya sebagai panglima perang yang berasal dari dimensi lain.

5. Jayabaya

Gambar: http://magicianshares.blogspot.com
Gambar: http://magicianshares.blogspot.com
Jayabaya adalah raja dari Kerajaan Kediri yang terkenal dengan ramalannya. Diantara ramalan Jayabaya yang paling terkenal adalah mengenai pemimpin (presiden) Indonesia dengan inisial nama No-To-No-Go-Ro. Dikutip dari benderahitam2.wordpress.com, ramalan Jayabaya cukup fenomenal dan mirip dengan yang sudah terjadi, misalnya:

1. Datangnya bangsa berkulit pucat yang membawa tongkat yang bisa membunuh dari jauh dan bangsa berkulit kuning dari Utara (jaman penjajahan ).

2. “kreto mlaku tampo jaran”, “Prau mlaku ing nduwur awang-awang”, kereta tanpa kuda dan perahu yang berlayar di atas awan.

3. Datangnya jaman penuh bencana di Nusantara (Lindu ping pitu sedino, lemah bengkah, Pagebluk rupo-rupo, gempa 7 kali sehari, tanah pecah merekah, bencana macam-macam.

4. Dan ia bahkan (mungkin) juga meramalkan global warming, “Akeh udan salah mongso”, datangnya masa dimana hujan salah musim.

Jayabaya memerintah Kediri sekitar tahun 1135-1157 dengan gelar Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa.

6. Raden Wijaya

Gambar: wacananusantara.org
Gambar: wacananusantara.org
Raden Wijaya adalah pendiri kerajaan Majapahit dan memerintah kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara itu dari 1293-1309. Menurut singosari.info, masa pemerintahan Raden Wijaya ditandai dengan banyak pemberontakan termasuk yang dilakukan oleh Lembu Sora dan Nambi.

Meski demikian Raden Wijaya adalah seorang raja yang cerdik. Untuk memperkuat posisi politiknya, beliau menikahi empat putri Kertanegara (Raja Singasari), yaitu Shri Parameshwari Dyah Dewi Tribhuwaneshwari, Shri Mahadewi Dyah Dewi Narendraduhita, Shri Jayendradewi Dyah Dewi Prajnaparamita and Shri Rajendradewi Dyah Dewi Gayatri.

7. Ken Arok
 Gambar: http://mynameisanwar.deviantart.com/
Gambar: http://mynameisanwar.deviantart.com/
Yang ini bisa disebut sebagai cowok jagoan di jamannya. Banyak alasannya salah satunya adalah ia merebut Ken Dedes dari tangan Tunggul Ametung, setelah membunuhnya terlebih dahulu. Dikutip dari www.ksatria2610.wordpress.com, Ken Dedes sebenarnya adalah saksi pembunuhan suaminya sendiri, dan hal ini menimbulkan dugaan kalau antara Ken Arok dan Ken Dedes memang sudah saling cinta sebelumnya.

Setelah merebut Ken Dedes, Ken Arok yang lahir di Jawa Timur tahun 1182 ini, mendirikan kerajaan Tumapel yang kelak dikenal sebagai Singasari.


Dari 7 tokoh masa lalu ini, siapa yang paling menginspirasi anda? Share yuk di komen. :D

0 comments: